Harga Terbaru di Apotik 2019

Update Harga Cataflam 50 mg 25 mg 2019

Cataflam adalah obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri di tubuh, mulai dari nyeri ringan hingga sedang. Cataflam adalah nama lain dari obat kalium diklofenak yang termasuk ke dalam golongan obat NSAID (non steroidal anti inflammatory drug) atau jika di Indonesiakan termasuk ke dalam obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Dalam meredakan nyeri, Cataflam bekerja dengan cara menghambat terbentuknya prostaglandin yang menjadi penyebab terjadinya peradangan dalam tubuh seperti nyeri, demam, hingga pembengkakan.

Harga Cataflam

Update Harga Cataflam 50 mg 25 mg Desember 2018

Harga Cataflam di apotik berbeda-beda tergantung dosis mg Cataflam yang Anda beli. Cataflam hadir dalam dua dosis, yaitu Cataflam 25, Cataflam 50 mg, Cataflam D 50 mg, Cataflam Fast 59 mg, dan Cataflam Drop 15 ml. Berikut ini adalah tabel harga dari berbagai jenis Cataflam pada Januari 2019 ini:

Jenis Cataflam Harga
Cataflam 25 mg Rp. 3.560 / tablet
Cataflam 50 mg Rp. 6.850 / tablet
Cataflam D 50 mg Rp. 6.750 / tablet
Cataflam Fast 59 mg tablet Rp. 10.250 / tablet
Cataflam Drop 15 ml Rp. 51.650 / botol

Harga Cataflam 25 mg dan 50 mg yang ditampilkan pada tabel di atas adalah harga umum. Mungkin, harga yang Anda dapatkan nantinya ditempat Anda berbeda dengan harga di atas, tetapi tenang saja variasinya tidak terlalu besar kok, paling hanya beberapa ratus saja.

Sekilas Tentang Cataflam

Cataflam adalah obat yang sangat populer di masyarakat yang diproduksi oleh Novartis Indonesia. Obat ini dikenal sebagai obat pereda nyeri. Bagi Anda yang pernah menderita sakit gigi berlubang, mungkin Anda pernah mengkonsumsi obat ini. Yah, Cataflam juga sering digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Sebagai obat analgetik, Cataflam sangat ampuh untuk mengobati nyeri akibat dari sakit gigi, sakit pinggang, luka bengkak, maupun nyeri menstruasi pada wanita.

Kandungan Cataflam

Dalam setiap tablet Cataflam mengandung diclofenac natrium yang berfungsi untuk mengurangi zat-zat penyebab pembengkakan (inflamasi) dan peradangan dalam tubuh. Setiap 50 mg Cataflam akan mengandung 50 mg diclofenac natrium. Kandungan diclofenac bekerja dengan cara menghambat enzim siklooksigenase (COX), yaitu enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan prostaglandin ketika tubuh sedang luka yang berakibat pada timbulnya peradangan dan nyeri. Rasa sakit yang tidak nyaman itu akan segera mereda saat pembentukan prostaglandin bisa dihambat. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi Cataflam.

Cara Minum Cataflam (Aturan Pakai)

Cataflam adalah obat oral atau obat yang digunakan melalui mulut dengan bantuan segelas air. Takaran air yang disarankan adalah jangan kurang dari 240 ml. Seusai meminum Cataflam, para dokter menyarankan agar tidak segera berbaring agar reakis Cataflam di dalam tubuh bisa optimal. Untuk menghindari efek samping setelah minum Cataflam, sebaiknya obat ini diminum bareng dengan makanan atau minuman seperti susu, atau antasida. Tips terbaik agar penyerapan obat bisa berlangsung cepat untuk menghilangkan nyeri, sebaiknya Cataflam diminum sesuai dengan jadwal yang telah disarankan.

Cara terbaik saat mengkonsumsi Cataflam adalah dengan menelan seluruhnya tanpa harus dikunyah, atau dihancurkan. Jadi, tidak usah memotong table Cataflam menjadi dua bagian karena bisa meningkatkan resiko terkena efek samping obat. Jika sebelumnya Anda telah berkonsultasi ke dokter, maka dosis Cataflam yang harus Anda minum disesuai dengan kondisi medis Anda berdasarkan anjuran dokter. Konsultasikan juga ke dokter terkait obat lain yang Anda konsumsi saat ini apakah aman jika dikombinasikan dengan Cataflam.

Bagi beberapa orang, Cataflam bisa saja memberikan efek samping mirip dengan pendarahan lambung, nah agar resiko tersebut bisa diminimalisir maka penggunaan obat ini harus dengan dosis terendah secara efektif dalam jangka waktu sesingkat mungkin. Jangan minum Cataflam kurang atau di atas dari dosis yang telah disarankan. Langkah terbaik untuk mengetahui seberapa besar dosis yang cocok adalah dengan mengkonsultasikan ke dokter atau apoteker.

Terkadang diperlukan waktu sekitar 2 minggu bagi kondisi tertentu seperti arthritis agar bisa merasakan manfaat penuh dari Cataflam. Manfaat Cataflam secara cepat bisa dirasakan jika obat ini dikonsumsi sesaat setelah munculnya tanda-tanda nyeri. Jadi, jangan tunggu sampai nyeri tersebut memburuk agar obat ini bisa bereaksi dengan cepat.

Anjuran Dosis Cataflam

Berikut ini adalah contoh penggunaan dosis Cataflam disesuaikan umur dan kondisi kesehatan dari penderita.

Pengguna Dewasa

1. Penderita Osteoarthritis

Pengguna dewasa yang sedang menderita penyakit osteoarthritis (pengapuran sendi), sebaiknya meminum Cataflam 50 mg 2-3 kali sehari. Atau dengan Cataflam 75 mg 2 kali sehari. Hal terpenting jangan meminum Cataflam melebih dosis 150 mg per hari.

2. Penderita Rematik

Orang dewasa yang juga memiliki penyekit rematik, disarankan untuk meminum Cataflam 50 mg 3-4 kali per hari. Dosisnya jangan lebih dari 225 per hari.

3. Wanita dengan Nyeri Haid (PMS)

Bagi wanita yang mengalami nyeri saat haid, disarankan untuk meminum Cataflam 50 mg sebanyak 3 kali sehari. Terdapat kondisi di mana pasien terlebih dahulu diberikan Cataflam 100 mg, kemudian diturunkan menjadi 50 mg sambi menunggu efek penyembuhan terjadi. Dosis harian total setelah hari pertama jangan melebih 150 mg per hari.

4. Nyeri Ringan-Sedang

Orang dewasa yang mengalami nyeri dengan tingkat ringan sampai sedang (nyeri otot atau sakit gigi) disarankan meminum Catflam 50 mg untuk 3 kali sehari. Dosis hari pertama, sebaiknya meminum Cataflam 100 mg, kemudian diikuti Cataflam 50 mg. Hari berikutnya, dosis harian jangan melebih dari 150 mg.

5. Nyeri Akut

Bagi penderita nyeri akut, sebaiknya meminum Catflam 18 atau 35 mg diminum 3 kali sehari

Pengguna Anak-anak 

Bagi pengguna anak-anak, belum ada ketentuan khusus terkait anjuran dosis. Obat ini mungkin saja dapat berbahaya bagi anak-anak. Mengetahui penggunaan obat akan menghindarkan Anda bahaya efek samping yang mungkin saja ada. Informasi lebih lanjut, konsultasikan ke apoteker atau dokter.

Efek Samping Cataflam

Efek samping yang mungkin timbul saat mengkonsumsi Cataflam adalah:
  • Gangguan pencernaan (mual, sakit perut, diare, dan sembelit)
  • Pusing, sakit kepala, mengantuk
  • Cataflam dapat meningkatkan tekanan darah
  • Kehilangan nafsu makan.
Demikianlah ulasan tentang Update Harga Cataflam Desember 2018, semoga bermanfaat.

Baca Juga Info Harga Lainnya:

Update Harga Cataflam 50 mg 25 mg 2019 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Obat Apotik

0 comments:

Post a Comment